Jadikan Momen Mudik Awal Anda Jadi Pemilik Bisnis.

Jadikan Momen Mudik Awal Anda Jadi Pemilik Bisnis.

Mudik. Walau harus menempuh perjalanan jauh dan sering kali menemui kemacetan berjam-jam, momen mudik untuk silaturrahim dengan keluarga di kampung halaman tetap pantas untuk dilakukan. Bahkan, bagi banyak orang sudah menjadi suatu ‘kewajiban’ untuk mudik karena kerinduan kepada orang tua mengalahkan semua kesulitan di perjalanan.

Sayangnya, selain beratnya perjalanan, hampir semua pemudik juga harus mengeluarkan banyak uang untuk acara tahunan ini. Mulai dari persiapan, transportasi, oleh-oleh hingga pengeluaran di kampung halaman, bisa melampaui jumlah THR dan bahkan menguras isi tabungan. Adakah solusi pengeluaran yang besar saat mudik tersebut?

Bagaimana bila kamu bisa mudik, disaat yang sama kamu bukan saja mengeluarkan banyak uang tetapi juga membuka peluang kamu mendapatkan uang bahkan menjadi awal kamu memiliki sebuah bisnis yang akan mengisi pundi-pundi finansial kamu di masa depan?

SelagiMuda ingin berbagi tips bisnis yang pas untuk dilakukan pemudik, tanpa harus mengganggu acara mudik dan silaturrahim kamu di kampung halaman.

1. Oleh-oleh dari Mudik

Selain acara silaturrahim bersama keluarga dan juga mungkin jalan-jalan, sebelum kembali ke kota dari Mudik, kamu sangat mungkin untuk membeli beberapa barang atau makanan sebagai oleh-oleh bukan?

Bila tidak, kali ini kamu harus membelinya. Pilih pakaian, barang kerajinan, produk kuliner yang memiliki keunikan dibanding yang kamu temui di kota tempat tinggalmu. Bisa produk baju/kain batik khas daerah contohnya. Atau empal gentong yang sangat tersohor di daerah Cirebon, Gudeg Jogja, Telur asin, dan lain sebagainya.

2. Berkenalan, Membangun Jaringan.

Jangan sekedar membeli barang, tetapi juga berkenalan dengan penjualnya. Kamu berbelanja sekaligus membangun jaringan bisnis kamu. Cari pengrajin batik yang ingin memperluas pasar, cari kedai makanan kecil yang nikmat yang bersedia kamu bantu penjualannya.

Kamu tau, ada seorang Ibu yang menjual makanan dengan sambal, konon sambalnya jauh lebih diminati daripada makanan utama lalu ia mengemas sambalnya dalam botol dan saat ini memiliki bisnis sambal dalam botol yang penjualannya tersebar di kota-kota besar.

bangun jaringan bisnis kamu dengan menemukan produsen yang akan menjadi pemasok, kamu bisa mulai berbisnis dengan memasarkan ke rekan-rekan kerja di kantor.

3. Belanja sekaligus Modal Bisnis

Supaya menghemat, beli apa-apa yang kamu bisa dan suka untuk gunakan/konsumsi, sehingga tidak akan terbuang percuma. Pengeluaran untuk mudik sudah cukup besar, jadi saat kamu membeli kain batik khas daerahmu, pastikan kamu akan menggunakan kain tersebut. Jadi bila tidak berhasil mendapat pembeli, kain itu tidak menjadi pengeluaran sia-sia.

Begitu juga makanan khas, misal produk kerupuk udang, kamu bisa membeli beberapa bungkus dalam berbagai jenis, pastikan kamu suka mengkonsumsinya. Bila kamu bawa ke kantor untuk produk sample dan tidak laku, maka kamu bisa memakannya sendiri di rumah.

Dengan begitu, kamu tidak perlu menyiapkan modal khusus untuk bisnis, karena semua oleh-oleh dari kampung halaman yang kamu beli sekaligus menjadi produk sample untuk bisnis baru kamu.

Apakah tips tersebut bisa berhasil? YA!

Sudah banyak kami temui pelaku bisnis start-up yang memulai bisnisnya dengan menjual produk-produk khas dari daerah mereka. Para pengusaha di daerah membutuhkan market baru bagi produk mereka. Teman-teman dan tetangga kamu adalah market yang tepat karena mereka pasti tertarik dengan sesuatu yang belum biasa mereka temui.

Yang penting, kamu berani mencoba. Ini adalah investasi termurah karena tidak perlu modal atau pengeluaran khusus, tidak memiliki resiko kerugian karena yang kamu tawarkan sebenarnya adalah produk yang tetap kamu beli untuk oleh-oleh walau tidak ada pesanan dari pembeli.

Selamat mudik dan berhari raya sekaligus memulai bisnis baru untuk kamu dan keluarga.

About admin

Check Also

Kaum Muda Berinvestasi bukan Sibuk dengan Kegalauan Masa Kini

Kaum Muda Berinvestasi bukan Sibuk dengan Kegalauan Masa Kini Jadilah kaum muda yang produktif. Kaum …

Recent Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.