Kaum Muda Berinvestasi bukan Sibuk dengan Kegalauan Masa Kini

Kaum Muda Berinvestasi bukan Sibuk dengan Kegalauan Masa Kini

Jadilah kaum muda yang produktif. Kaum muda harus mulai mengubah pola pikir. Yang tadinya hanya sibuk dengan kegalauan masa kini yang tidak penting. Tinggalkanlah hal-hal kegalauan tersebut jika kamu menginginkan masa depan yang lebih baik secara finansial.

Mengapa investasi itu penting bagi kaum muda? Investasi merupakan hal yang berkaitan erat dengan masalah keuangan dan ekonomi. Investasi berhubungan dengan akumulasi yang ada pada masa mendatang. Nah, disinilah pentingnya investasi bagi kaum muda. Karena dengan memulai investasi sejak dini, maka, akumulasi uang yang terkumpul dari hasil investasi akan menjadi semakin besar.

Ada macam-macam bentuk investasi, seperti investasi properti, mata uang asing, reksa dana, saham, barang-barang koleksi, emas, obligasi, ataupun investasi yang sederhana (bahkan beberapa ahli keuangan tidak memasukkanya sebagai investasi) seperti deposito dan tabungan di bank.

Selain itu, lalu apalagi yang menjadi dasar pemikiran bahwa kaum muda itu wajib berinvestasi?

Usia Dan Tingkat Risiko

Usia akan mempengaruhi tingkat risiko yang dapat diterima oleh investor. Kaum muda yang sudah sejak dini memulai investasi cenderung mampu untuk mengambil risiko yang lebih tinggi di dalam kegiatan investasinya. Berbanding terbalik dengan kaum muda, investor yang berusia lanjut atau pensiun mungkin akan lebih tertarik dengan investasi yang berisiko rendah.

Berdasarkan hal ini, kaum muda yang sudah berinvestasi sejak dini dapat membangun kekayaan dari beberapa produk investasi yang berisiko tinggi, namun profit yang bisa didapatkan juga lebih besar. Sesuai dengan jargon investasi ‘high risk, high return’.

Belajar Bersama Waktu

Kaum muda sebagai investor memiliki waktu belajar yang lebih banyak tentang investasi. Dengan demikian dapat mencoba berbagai produk investasi dan menimbang-nimbang baik buruknya. Hal ini juga karena kaum muda cenderung dapat menerima risiko yang lebih besar untuk mencoba produk investasi yang lebih berisiko namun dengan hasil investasi yang lebih menjanjikan. Pasar finansial yang semakin berkembang membuat produk investasi menjadi semakin beragam.

Produk-produk investasi yang harus dipelajari cukup banyak dan berkarakteristik, sehingga kamu sebagai kaum muda yang berinvestasi memang harus benar-benar mempelajari pasar, produk dan membuat strategi saat berinvestasi.

Kamu Dan Investasimu Berjalan Beriringan

Kamu yang sudah memulai investasi sejak dini akan memiliki keuntungan dari investasi tersebut. Pertama, jumlah investasimu akan lebih berkembang karena waktu yang lebih panjang. Kedua, kamu, semakin mengenali investasi yang kamu lakukan. Ketiga, kamu semakin percaya diri, karena kamu tahu bahwa kamu dalam perjalanan mewujudkan mimpi masa depan bersama investasi yang kamu lakukan.

Semakin lama waktu yang kamu punya untuk berinvestasi, maka kekayaanmu di masa depan juga akan semakin banyak. Dengan demikian, kamu dapat mewujudkan mimpi kamu di masa depan.

Beberapa Manfaat Jangka Pendek

Investasi juga memiliki manfaat dalam jangka pendek, seperti mendapatkan pendapatan tetap sampingan selain gaji bulanan kamu. Selain itu juga akan mendorong kamu menjalani hidup hemat, karena uang kamu yang berlebih sudah dimasukkan dalam rencana investasi berkala. Nah, dengan menjalani hidup hemat, tentu saja akan menghindari kamu dari jeratan hutang akibat membeli barang-barang yang tidak perlu, atau menjalani kehidupan yang penuh dengan foya-foya yang menghabiskan banyak uang.

Faktor usia memang menjadi salahsatu faktor keberhasilan investasi, karena semakin banyak waktu yang ada, maka investasi kamu bisa semakin berkembang. Namun, kamu juga harus tetap berhati-hati dan jangan sampai terjebak investasi yang menipu. Sudah terlalu banyak contoh yang dapat kamu temukan di surat kabar maupun media bahwa banyak orang yang tertipu investasi bodong, yang menjanjikan keuntungan sangat besar dengan investyasi sedikit dan tanpa risiko. Jangan lupa, bahwa setiap produk investasi pasti memiliki risiko. Sehingga investasi memang cocok dilakukan untuk tujuan jangka panjang, bukan jangka pendek.

Sebaiknya pelajari ciri-ciri dan sistem pada setiap produk investasi yang ada. Mulailah dari sekarang, mulailah berinvestasi dengan membeli dan membaca buku tentang investasi sebelum kamu terjun kedalamnya, agar dapat meningkatkan pengetahuan kamu tentang pilihan instrumen investasi untuk menunjang keputusan finansialmu.

About admin

Check Also

Kapan Waktu Tepat Untuk Investasi Ikuti Tips Ini

Kapan Waktu Tepat Untuk Investasi? Ikuti Tips Ini Ditengah lesunya kondisi ekonomi yang sedang mengalami …

Recent Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.