Kenalan Lebih Jauh dengan Otoritas Jasa Keuangan, Yuk!

Kenalan Lebih Jauh dengan Otoritas Jasa Keuangan, Yuk!

Untuk para pemerhati dan pemain di dunia keuangan, nama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentunya sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Akan tetapi, hal ini jelas berbeda bagi orang-orang awam.

Yup, mungkin beberapa kali kamu kerap mendengar istilah OJK melalui berita di televisi atau media lainnya. Hmmm… siapa OJK sebenarnya? Apa kepentingannya? Nah, berikut ini adalah informasi yang dapat menambah wawasan kamu seputar OJK. Baca selengkapnya, yuk!

Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan (OJK)?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga Negara yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011, untuk menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap seluruh kegiatan pada sektor jasa keuangan. Baik itu mencakup sektor pasar modal, perbankan, hingga jasa keuangan non-bank, misalnya asuransi, dana pensiun, lembaga pembiayaan, serta berbagai lembaga jasa keuangan lain.

Sebagai lembaga independen yang bebas dari campur tangan pihak lain, OJK memiliki tugas, fungsi, wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan untuk meningkatkan daya saing perekonomian negara. OJK pun dilandasi prinsip-prinsip yang baik, yaitu independensi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, transparansi, dan kewajaran. Itulah kenapa OJK begitu dipercaya dan berpengaruh pada pelaku bisnis finansial di Indonesia.

Apa Tujuan, Fungsi, dan Tugas OJK?

Tahukah, kamu? OJK dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan dapat terselenggara secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel. OJK juga harus dapat mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, serta mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

Fungsi lembaga Negara yang satu ini adalah menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan. Selain itu, OJK juga memiliki tugas melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan, sektor Pasar Modal, dan sektor IKNB.

Apa Peran OJK dalam Dunia Investasi?

Industri investasi di Indonesia umumnya diawasi ketat OJK. Itulah kenapa penting bagi kamu untuk memilih perusahaan Manajer Investasi (MI) yang aman dan terpercaya. Bagaimana caranya? Pastikan bahwa MI tersebut terdaftar serta diawasi oleh OJK, seperti PT Mandiri Manajemen Investasi yang merupakan afiliasi dari salah satu bank umum paling terkemuka di Indonesia, yaitu Bank Mandiri. Artinya, Mandiri Investasi memiliki kewajiban untuk mengikuti peraturan-peraturan ketat dan tata kelola perusahaan Bank Mandiri. Jadi, uang kamu aman bersama Mandiri Investasi. Ayo mulai investasi selagi muda!

About admin

Check Also

Kapan Waktu Tepat Untuk Investasi Ikuti Tips Ini

Kapan Waktu Tepat Untuk Investasi? Ikuti Tips Ini Ditengah lesunya kondisi ekonomi yang sedang mengalami …

Recent Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.